i'm a NIDJIHOLIC

on Selasa, 12 Agustus 2008

Nidji atau The Nidji adalah grup musik yang berkomposisi enam orang asal Jakarta yang terdiri dari Giring (vokal), Rama dan Ariel (guitar), Adrie (drum), Andro (bass) dan Run-D (keyboard).

Nidji merupakan penyempurnaan nama dari kata NIJI yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi. Para personil telah menyukai dan menyetujui konsep dengan nama itu, karena kata Nidji sangat merefleksikan warna musik mereka yang beragam serta berbeda satu sama lain, namun bias membiaskannya dalam satu warna musik.

Konsep musik Nidji adalah modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif, dan pop. Grup-grup band yang secara tidak langsung mempengaruhi dan menjadi inspirasi terhadap corak musik Nidji, antara lain L'Arc-en-ciel, Coldplay, Goo Goo Dolls, U2, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, Dave Matthews, The Killers, Keane, dan sebagainya.

Sejarah awal terbentuknya band Nidji yaitu dari persahabatan antara Rama dan Andro. Persahabatan mereka berkembang terus dalam dunia musik. Selanjutnya bersama Ariel yang telah bergabung dengan mereka, terciptalah sebuah lagu berjudul "Maria". Namun lagu itu belumlah sempurna dan masih membutuhkan sebuah vokal. Kemudian mereka bertemu dengan Giring yang selanjutnya dapat melengkapi lagu "Maria" dengan mengisi vokal pada lagu tersebut.

Setelah itu, Andro merekomendasikan Adri yang sebelumnya telah sering melakukan jam session bersamanya untuk menempati posisi sebagai drummer. Mereka berempat (Ariel, Andro, Adri dan Giring) lalu menghubungi Rama yang sempat terpisah sebelum terciptanya lagu "Maria" untuk mencoba bermain musik bersama hingga akhirnya menemukan kecocokan visi dan misi.

Pada awal Februari tahun 2002, terbentuklah Nidji dalam formasi awal. Lalu pada awal April tahun 2005, Nidji menambah personilnya sehingga berjumlah enam, yaitu seorang keyboardist bernama Randy yang merupakan sahabat dari Giring, sang vokalis. Gaya 'memetik jambu' Giring saat menyanyi membuat Nidji menjadi band yang unik dan atraktif.

PERSONIL BAND :


1. Giring Ganesha adalah vokalis band Nidji kelahiran Jakarta, 14 Juli 1983 yang sudah suka menyanyi britpop sejak masih SMP. Band Nidji terbentuk karena terinspirasi oleh Giring yang menyanyi di depan komputer.

Sewaktu kecil, Giring mengaku tidak percaya diri dan iri sama yang punya rambut bisa belah tengah. Setelah bergonta-ganti rambut dari botak sampai kriwil, sekarang Giring percaya diri sekali mempunyai rambut keriting (karena gaya rambutnya inilah yang membuat banyak para perempuan terpesona olehnya). Giring yang lahir di Jakarta ini selain pandai menyanyi dia juga bisa bermain keyboard, gitar dan piano. Lagu Child dari single album Breakthru' adalah salah satu karya emas dari seorang Giring. Dia juga suka sekali makan sushi, bermain PS2, membaca buku, dan menonton film.

(Sekedar tambahan: bahwa gaya manggung Giring yang atraktif adalah gaya yang keluar dari dalam diri dan tidak dibuat-buat. Di sini Giring ingin mengeluarkan sesuatu dalam dirinya yang tidak dapat dikeluarkan lewat nyanyian namun melalui gerak dan bahasa tubuh, namun banyak yang melihat ini gerakan Giring merupakan jiplakan dari gerakan vokalis Coldplay yang bernama Chris Martin. Namun, Giring yang mengaku fans dari Coldplay tidak mengakui hal tersebut.

2. Muhammad Ramadista Akbar atau M.Ramadista Akbar adalah pemegang peranan gitar (Rhythm) di band Nidji kelahiran Jakarta tanggal 6 Juni 1984. Pria yang akrab disapa Rama ini mengaku permainan gitarnya terinspirasikan dari 2 orang musisi besar seperti Ahmad Dani dan Iwan Fals.

Rama yang bergabung dengan Nidji karena pernah bermain band bersama mereka mempunyai hobi broadcasting dan traveling. Selain bermusik, ia juga mempuyai profesi lain yaitu sebagai seorang penyiar di 101,4 Trax FM. Acara yang dia bawakan secara reguler adalah Zona Cinta yang ditayangkan setiap Senin dan Selasa jam 20.00-22.00 WIB

3. Andi Ariel Harsya

4. Muhammad Andro Regantoro
adalah bassis band Nidji kelahiran Jakarta tanggal 19 Januari 1984. Rumahnya di Gudang Peluru adalah saksi terbentuknya Nidji. Ia termasuk salah satu pendiri band Nidji. Andro mengidolakan permainan bass dari Thomas Gigi ini hobi sekali dengan yang namanya komputer, komputer games, baca komik dan musik. Kecintaan Andro pada musik diekspresikan lewat gitar bass kesayangannya. Ia juga bisa membuat cwie mie.

5. Muhammad Adri Prakarsa adalah drummer band Nidji, bergabung dengan Nidji setelah diajak oleh Andro. Adri, sapaannya terlihat kalem kalau dari luar, tapi ternyata bisa berbahaya juga karena dia mempunyai kemampuan beladiri.

Adri yang lahir di Jakarta, 13 Mei 1983 ini punya hobi mendengarkan musik apalagi musiknya The Killers. Soal badan, walaupun tidak seatletis para atlet yang sesungguhnya, Adri tidak bisa diremehkan, karena dia suka dengan semua jenis olahraga.

6. Randy Danistha adalah keyboardis band Nidji yang mempunyai rambut keriting yang tidak jauh berbeda dengan Giring. Randy yang kelihatannya kalem, dingin, tapi mengaku funny dan suka sekali dengan segala sesuatu yang berbau lelucon ini memang punya selera musik yang beda dari personel Nidji yang lain, Randy suka sekali dengan musik 80an dan Campursari.

Rumah Run-D di Cinere juga merupakan salah satu tempat sejarah buat Nidji karena di rumah Run-Dlah terciptanya lagu Child. Run-D yang lahir di Jakarta tanggal 9 Oktober 1984 ini selain jago keyboard dia juga bisa bermain gitar. Bergabungnya Run-D di tahun 2005 semakin menyempurnakan permainan musik dari Nidji.

0 komentar: